Apa Makananku?

Senin, 19 April 2010

Bac. I: Kis. 6:8-15

Injil: Yoh. 6: 22-29

Makanan bukan sekedar pengisi perut. Makanan juga memberi andil dalam pembentukan diriku. Apa yang kumakan, itu yang kucerna untuk kemudian dibawa oleh jutaan sel darahku dan diserap oleh jaringan sel-sel tubuhku. Dapat dikatakan: aku adalah apa yang kumakan. Kalau aku makan kerupuk dan segala makanan ringan, aku pun menjadi seringan yang kumakan. Gurih, renyah, tetapi tanpa gizi. Kalau aku makan makanan yang berlemak, aku menabung lemak di sekujur tubuhku dan jadilah aku gudang lemak. Demikianlah: aku adalah apa yang kumakan.

Dalam Injiil hari ini Yesus bersabda: bekerjalah bukan untuk makanan yang dapat binasa melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal. Ceritanya, orang banyak sudah kenyang karena roti yang dilipatgandakan oleh Yesus. Lalu mereka mencari Yesus dari ujung danau Galilea sampai Kapernaum. Menurut Yesus, yang mereka cari bukan DiriNya, tetapi roti yang telah membuat mereka kenyang. Yesus pun menegur mereka dengan sabdaNya ini. Mereka lapar akan roti yang dapat binasa, dan tidak peduli pada roti kekal, Yesus sendiri.

Menjadi pertanyaan bagi kita: apa yang kucari untuk kumakan? Makanan yang dapat binasa seperti makanan setiap hari, uang, pujian, kenikmatan badan, nama baik? Aku adalah apa yang kumakan. Kalau yang kumakan hanyalah makanan yang dapat binasa, aku pun akan bernasib sama. Atau aku lebih mengutamakan makanan yang tidak dapat binasa: firmanNya yang memberi damai, sukacita, pengampunan, kesabaran. Kalau aku makan makanan kekal, aku pun menabung kekekalan di dalam tubuhku.

Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s