Injil Yohanes: Bagian III: Buku Tanda-tanda: Hari-hari Pertama Perwahyuan

Bagian Pertama: Buku Tanda-tanda (1:19-12:50):

  1. Hari-hari awal pewahyuan Yesus kepada para muridNya (1:19-2:11)

Bagian ini diawali oleh pengakuan Yohanes Pembaptis atas jatidiri Yesus, kemudian beberapa orang mengikuti Yesus, dan diakhiri dengan identifikasi diri Yesus sebagai Dia yang dinubuatkan dalam Hukum Musa dan para nabi sebagai Putra Allah, Raja Israel. Yesus menjanjikan bahwa para murid akan menyaksikan sesuatu yang lebih besar, yang menjadi nyata dalam bagian selanjutnya, yaitu Kisah Perkawinan di Kana.

Beberapa butir teologis khas Yohanes yang nampak pada bagian ini:

  • Unsur legal atau hukum: nampak ketika Yohanes Pembaptis diinterogasi oleh orang-orang Yahudi. Kemungkinan, unsur hukum ini lahir dari konflik antara para murid Yesus dan orang Yahudi di sinagoga.
  • Kristologi: sudah sejak awal, penginjil memberikan gelar-gelar tertentu kepada Yesus. Di dalam Injil lain, gelar-gelar ini baru nampak di akhir Injil. Nampaknya, penginjil Yohanes ingin memulai dari titik di mana Injil-injil lain selesai.
  • Permuridan: dalam Injil Yohanes, pengikut dapat menjadi penganut hanya dengan tinggal bersama Yesus. Di samping itu ada sebuah pola yang tetap: begitu berjumpa dengan Yesus para murid pertama segera pergi mewartakan Kristus kepada orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s