Ajarilah Kami Berdoa

Rabu, 6 Oktober 2010

Gal 2:1-2,7-14,

Luk 11:1-4

Ajarilah kami berdoa….

Injil Lukas adalah Injil doa. Di dalam Injil ini, Yesus seringkali digambarkan sedang berdoa. Hanya di dalam Injil Lukas ditemukan tiga kidung doa yang didaraskan atau dinyanyikan dalam Ibadat Harian: Kidung Zakaria, Kidung Maria, dan Kidung Simeon. Dan dalam perikop Injil hari ini, dijabarkan secara sederhana tetapi begitu kaya makna doa.

Tidak mudah menebak apa yang dipikirkan para murid tentang doa ketika mereka meminta Yesus untuk mengajarkan berdoa. Perbandingan yang mereka pakai adalah seperti Yohanes mengajarkan para muridnya berdoa. Mungkin di benak para murid, berdoa lebih menyangkut cara dan rumusan. Tetapi jawaban Yesus tidaklah demikian. Doa yang Yesus ajarkan lebih dari sekedar cara dan rumusan. Doa yang diajarkan Tuhan adalah sikap hidup di hadapan Allah. Doa Bapa Kami adalah pintu masuk ke dalam rahasia batin Yesus sendiri.

Dan rahasia batin Yesus adalah rahasia batin Allah Bapa sendiri sebab kerinduan Yesus senada dengan kerinduan Allah Bapa; apa yang dikehendaki Allah Bapa sama dengan apa yang dikehendaki Yesus. Dari sudut pandang kemanusiaan Tuhan, dengan penuh kesadaran Yesus meletakkan keinginanNya sendiri di bawah kehendak BapaNya. Seluruh hidup Yesus adalah perjuangan menggenapi kehendak BapaNya. Inilah yang terungkap di dalam bagian pertama doa Bapa Kami: dikuduskanlah namaMu, datanglah KerajaanMu (jadilah kehendakMu di atas bumi seperti di dalam surga).

Bagian yang kedua dari doa Bapa Kami mengungkapkan sisi kemanusiaan Yesus dan setiap pengikutNya: kebutuhan jasmani dan rohani manusia. Manusia butuh makan; ia butuh juga diterima, diampuni; dan sebagai manusia, penderitaan dan cobaan pasti datang. Maka manusia butuh pegangan. Dan semua bantuan yang dibutuhkan manusia untuk hidup, datang dari Allah Bapa.

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Satu pemikiran pada “Ajarilah Kami Berdoa

  1. Doa Bapa Kami adalah doa yang paling dahsyat ya.. Mo..
    saya banyak mengalami sesuatu yang luar biasa melalui Doa Bapa Kami.

    saat susah,senang,sedih,gembira, Doa Bapa Kami sangat membantu sekali..

    kadang di saat tidak bisa berdoa dengan spontan, dengan berdoa Bapa Kami saja rasanya sudah mewakili seluruh isi hati.

    Tks.. ya.. Mo.. renungannya..
    senang sekali membaca renungan yang Romo tulis, sangat membantu pertumbuhan iman saya dan membuat saya semakin mengenal Allah yang kita sembah..

    TUHAN YESUS MEMBERKATI
    BUNDA MARIA MELINDUNGI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s