Maju Terus Pantang Mundur

 

Rabu 27 Oktober 2010

Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. (Lk.13:24)

Ef 6:1-9,
Mzm 145:10-11,
12-13ab,13cd-14
,
Luk 13:22-30

 

Kuda liar, dapat dijinakkan. Burung pun dapat dilatih jadi pengantar surat. Bahkan, semut dan tikus juga dapat diajari gerak-gerak tertentu. Tetapi, ada satu hal yang sungguh teramat sulit dijinakkan, dilatih, dan dikendalikan, yaitu hati manusia. Coba saja lihat, bagaimana sulitnya orang mengubah kebiasaan, meninggalkan kesenangan, dan mengganti cara hidup yang baru, yang lebih baik. Itu sebabnya, Yesus mengajarkan orang banyak untuk terus berjuang dan jangan cepat berpuas diri, sebab masalah keselamatan, walau pertama-tama masalah anugerah, tetapi juga masalah keterlibatan hati manusia yang sulit dikendalikan itu.

Ajaran Yesus dalam Injil hari ini mungkin ditutujukan bagi orang Yahudi maupun orang Kristen yang merasa sudah aman karena merasa dekat dengan Tuhan. Cukup disunat maka pintu surga terbuka. Cukup dibaptis maka kalau mati akan diterima Allah Bapa. Jangan terlalu cepat berpuas diri dengan status dan simbol-simbol rohani. Orang juga harus berjuang, menyerahkan seluruh hatinya untuk kepentingan Allah.

Justru, mereka yang merasa jauh dari Tuhan, yang merasa butuh bantuanNya, yang merasa tidak mampu berjuang tanpa pertolonganNya, akan menjadi yang pertama. Mereka ini tahu sulitnya mengendalikan hati; mereka paham apa arti sabda Yesus tentang berjuang masuk melalui pintu yang sempit tadi.

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Seorang pencandu minuman keras bertanya

Apa gunanya membina rohani bagi hidupnya

Sang Pastor pun menjawab sambil menatap sendu

“Membina hidup rohani, dapat melepaskan kecanduanmu”

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Maju Terus Pantang Mundur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s