Sadar

Senin 3 Januari 2011

Fulgensius, Kuriakos Elias Chavara

1Yoh 3:22-4:6, Mzm 2:7-8,10-11,  Mat 4:12-17,23-25

Apa beda orang tidur dan orang bangun ? Saya bisa menjawab : orang tidur tidak sadar sedangkan orang yang bangun tidur mulai sadar. Maka, kesadaran menandai akhir tidur ; dalam kesadaran ada kekuatan dan terang, seperti sebait puisi WS Rendra : Kesadaran adalah matahari.

Karena tidur berarti tidak sadar, maka benar kata orang : orang tidur tidak bisa berbuat dosa. Sebab salah satu unsur utama sebuah perbuatan disebut dosa adalah kesadaran akan perbuatan itu dan pengetahuan akan akibatnya.

Akan tetapi, acapkali orang yang sudah bangun secara fisik : matanya kelihatan terbuka, orangnya sudah berdiri di atas dua kaki dan sudah berjalan serta beraktivitas, tidak serta merta sadar secara rohani. Misalnya seperti Senin pertama di tahun 2011 ini, bisa jadi banyak orang akan berkata pada diri sendiri : duh enaknya kalau hari ini tidak kerja… duh enaknya kalau masih bisa istirahat panjang… atau sambil melihat kucing yang enak tertidur pulas bisa jadi dia akan berkata… duh, enak ya jadi kucing… Sadar secara rohani berarti sungguh-sungguh bangun dan melakukan kegiatan dengan sepenuh hati. Orang yang sadar rohaninya sungguh-sungguh melihat dunia di sekitarnya dan juga melihat pilihan-pilihan yang akan diambil berikut akibat-akibatnya, serta punya kekuatan untuk melaksanakan pilihan yang sudah diambil.

Yohanes Pembaptis adalah sebuah kesadaran bagi jiwa bangsa Yahudi di satu waktu. Ketika kekuasaan politis Romawi dan para raja setempat membius kesadaran orang-orang Yahudi dengan ketakutan, hingga raja dan penguasa seolah diijinkan berbuat apa saja, Yohanes Pembaptis bersuara lantang. Raja juga manusia, kalau dia berbuat salah, ya tetap salah. Di depan penguasa, Yohanes Pembaptis tidak merasa kehilangan kemanusiaannya. Dia sadar sebagai manusia dan melihat raja juga manusia. Inilah kesadaran : mampu melihat dan kuat bertindak.

Ketika Yohanes Pembaptis ditangkap, Yesus tampil sebagai kesadaran baru, tetapi kali ini bukan saja untuk orang-orang Yahudi tetapi juga untuk seluruh dunia : disebutkan oleh Matius bahwa benih kesadaran Yesus sudah menjalari Siria dan daerah-daerah orang asing di seberang sungai Yordan (Mt. 4 : 24-25). Daerah-daerah yang dulunya berada di dalam kegelapan dan bayangan maut telah mendapatkan terang untuk bangkit, sadar, dan hidup kembali (4 : 15-16). Dari mulut Yesus, kesadaran punya nama lain : pertobatan. Bertobat berarti sadar : melihat sungguh-sungguh betapa buruknya hidup mengikuti bujukan dosa dan punya kekuatan untuk kembali kepada Allah Bapa. Bertobat berarti sadar akan kebahagiaan sejati, sadar akan jati diri sebagai anak yang dicintai Allah, sadar untuk mau menata hidup kembali.

Apakah aku sudah sungguh-sungguh mau bangun dan « bangun » di awal tahun 2011 ini ?

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

 

Satu pemikiran pada “Sadar

  1. hehehehehehe… Mo…
    Saya malah lagi bingung.. kapan bisa tidurnya yach..???
    coz.. kerjaan numpuk trus nich.. Mo…
    baru aja selesai ngurusin 5.000 tentara..
    sekarang dikejar2 utk beresin laporan yg terbengkalai selama 2 bulan..

    but.. dibawa enjoy aj yach Mo.. drpd stress berat..
    apalgi tahun baru.. harus dengan semangat baru yach Mo…

    Saya harap Mo Ut jg selalu punya semangat baru terus, utk nulis renungan buat kita2..
    gak bolong2.. hehehehe… (pisss Mo…)
    so kita jga jd punya semangat baru terus, setelah dicharge dengan baca renungan Romo…

    Tks.. Mo.. renungannya…
    jadi sadar gak boleh ngiri liat orang bisa libur bbrp hari sebelum & sesudah tahun baru..
    sadar utk melek akan iman yg mulai down.. 🙂

    Tuhan Yesus Memberkati..
    Bunda Maria Melindungi..
    Bapa Yesus Mendampingi..
    Amien..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s