Dasar

Kamis Pekan Biasa 12

 

Kej 16:1-12,15-16, Mzm 106:1-2,3-4a,4b-5, Mat 7:21-29

Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu,” sabda Tuhan.

Ada yang berseru-seru menyebut nama Tuhan namun tidak dapat masuk Kerajaan Surga. Ada yang bernubuat, membuat mukjijat dan mengusir setan dalam nama Tuhan. Akan tetapi, mereka juga tidak dapat masuk Kerajaan Surga.

Lalu bagaimana? Kalau yang bisa membuat mukjijat saja tidak dapat masuk Kerajaan Surga, bagaimana orang-orang biasa seperti kita?

Ternyata, berseru nyaring menyebut nama Tuhan dan melakukan karya ajaib atas nama Tuhan, bukan jaminan untuk membuat Tuhan senang. Dan dengan demikian, hal itu juga bukan jaminan masuk Kerajaan Surga.

Jaminan keselamatan letaknya jauh lebih dalam, jauh lebih tenang dan bisa jadi tidak menarik perhatian mereka yang semata mengejar sensasi. Dalam Injil hari ini,  jaminan itu digambarkan sebagai dasar atau pondasi (dari Latin, fundus yaitu ground, dasar). Dasar ini terdiri dari mendengarkan firman yang datang dari Tuhan dan mewujudkan firman itu dalam kenyataan hidup, dalam pilihan-pilihan yang dibuat juga dalam kebiasaan-kebiasaan yang dibentuk.

Marilah kita mohon rahmat kesetiaan dan keberanian untuk setia dalam mendengarkan firmanNya setiap hari dan membentuk kebiasaan hidup kita berdasarkan firman itu.

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

10 pemikiran pada “Dasar

  1. Nah.. masalah brseru-seru & berteriak nyaring ini Mo…
    waktu saya baru setahun dibaptis, saya diajak teman ke satu gereja kristen.. dan saya beberapa kali pergi kesana (ngaku dosa :D)
    biasanya selesai kotbah, akan dilanjutkan dgn altar call.. disini ada doa utk kesembuhan orang sakit,dll.
    tapi setiap mendoakan, selalu ditanya apakah anda menerima Tuhan Yesus, kalau anda menerima Tuhan Yesus anda akan sembuh.. setelah itu.. mreka akan bicara : “dalam nama Tuhan Yesus penyakit …… sembuh”. Saya juga diajarkan untuk mengusir roh-roh yg ada di rumah,dll… tapi entah mengapa, dalam hati saya selalu mengatakan ini tidak benar, tp saat itu saya gak tau jawabannya apa.
    skarang saya sedikit tau jawabannya apa Mo… (mudah2an gak sok tau).. Koreksi bila saya salah ya.. Mo…
    1. Tuhan Yesus tidak pernah menjanjikan kesembuhan.. kesembuhan terjadi krn Bapa menghendaki kita utk sembuh, iman yang sakit untuk sembuh dan juga iman yang mendoakan…. Tuhan Yesus sendiri jg gak teriak2 waktu nyembuhin orang.
    2. kalau hanya dengan menerima Yesus kita bisa sembuh, berarti semua org Kristen gak ad yg sakit donk.. tapi tentu selain berdoa dan percaya Yesus, kita juga berusaha untuk sembuh, mungkin dengan pengobatan scara medis.
    3. utk yg ngusir2 roh.. waktu saya belajar konseling, diajarin utk tidak ngusir2 roh sembarangan, tapi kita harus mendoakan mereka, kecuali kalau kuasa kegelapan, baru diusir… tapi juga gak boleh sembarangan. (Dalam hati saya.. nah ini dia baru benar.)
    4. aplg stelah saya ikut KRK, retret, denger kesaksian dri teman2 yang sering kunjungan org sakit dan baca riwayat hidup Beato Yohanes Paulus II, banyak org sembuh melalui doa-doanya.

    kesimpulannya katolik IS THE BEST & LUAR BIASA.. bahwa kita gak perlu teriak atau berseru-seru dengan nyaring utk sembuh atau usir roh.. tapi dengan iman dan doa yang kita ucapkan dengan sederhana pun, jika Tuhan menghendaki maka kesembuhan akan terjadi..

    saya jg pernah altar call, itu jga disuruh-suruh untuk maju.. tapi yach…saya gak merasakan apa2, beda dengan ketika maju untuk menerima komuni, rasanya ada damai, sukacita dan semangat…

    Maaf yach Mo… komennya panjang…. lebih panjang dari renungan Romo…
    mudah-mudahan Romo gak ngantuk n bosan bacanya…😛
    Kalau bosan…. jangan dibaca sampai habis Mo… diliatin aja….
    hahahahahhaha…..

    Tks Mo… renungan hari ini…
    Kiranya kita diberi rahmat kesetiaan dan keberanian untuk setia mendengarkan firmanNya setiap hari dan hidup berdasarkan firman itu.

    Tuhan Yesus Memberkati…
    Bunda Maria Melindungi…
    Amien….

    1. maaf salah mo…. mksd sy bintang…. tp krn liat gbr setelah kirim komentar jd salah deh….🙂 tp pernah sy coba klik, trus d suruh masukan email…. selanjutnya sy bingung n blm sy coba hehehehe….

  2. Mungkin bs menjelaskan… utk tanda bintang bs di klik , klu yg meng’klik’ juga punya blog… hehehe bgtu mb Priska dan Mo Ut.

    1. brarti sy ga bs dong mba emi…. pdhal kn sy jg mau klik aj tnp komentar bacaan yg sy suka…..🙂 trus bgmn dong….

      1. ga ada bakat nulis mo…. ya udh kalau saya suka tulisan yg sy bc…. sy tulis aja d komentar, bisnya ga ada cara lain….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s