Empati

Kamis Pekan Biasa 13
Kej 22:1-19, Mzm 115:1-2,3-4,5-6,8-9, Mat 9:1-8

Di dunia ini, Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa,”… Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.

Apa yang dulu dianggap istimewa akan kehilangan daya pesonanya ketika mulai dipandang sebagai sesuatu yang biasa. Hal ini dapat menimpa apa saja termasuk juga iman kita.

Yang perlu dibuat agar segalanya kembali memancarkan daya pesonanya, termasuk iman kita, adalah empati, yaitu menempatkan diri kita sendiri pada posisi orang lain, terutama mereka yang lebih berkesusahan.

Dalam Injil hari ini, kita diundang oleh Matius untuk masuk ke dalam diri orang Yahudi, warga kampung Nazaret, yang mendengarkan Yesus berkata kepada seorang lumpuh: anakku, dosamu sudah diampuni… Semakin dalam persatuan kita dengan hidup orang Yahudi pada masa itu, semakin mampu kita memaklumi tanggapan para ahli Taurat: orang ini menghujat Allah.

Pengalaman ini akan melahirkan suatu keyakinan bahwa tanpa Roh Kudus, tidak mungkin seseorang dapat sampai pada pengakuan iman bahwa Yesus orang Nazaret ini adalah Tuhan dan Allah. Dari empati terhadap orang-orang Yahudi yang sulit menerima Yesus orang Nazaret sebagai Tuhan, Roh Kudus membawa kita untuk sampai pada empati terhadap Allah sendiri yang ingin menyelamatkan setiap manusia.

Membaca dan merenungkan Injil setiap hari berarti menempatkan diri kita sendiri pada posisi murid Tuhan. Seperti para rasul, kita diundang untuk pertama-tama menyadari harapan-harapan manusiawi kita, lalu berani mempertimbangkan harapan-harapan itu di hadapan Yesus dari Nazaret yang kita ikuti untuk kemudian mampu menyatukan harapan kita dengan harapan sang Guru, Sahabat dan Tuhan kita.

Marilah kita mohon kehadiran Roh Kudus, agar kita berani keluar dari cara penghayatan iman yang beku hingga dalam setiap perayaan Ekaristi kita sanggup bernyanyi dengan penuh syukur dan takzim: sungguh agung misteri iman kita….

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s