Kuk

Tahun A HARI RAYA HATI YESUS YANG MAHAKUDUS

 Ul 7:6-11, Mzm 103:1-2,3-4,6-7,8,10, 1Yoh 4:7-16, Mat 11:25-30

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan,” sabda Tuhan.

Saya dulu berpikir bahwa orang bisa tenang ketika tidak memiliki beban. Namun demikian, seorang teman mengkoreksi pendapat saya itu ketika ia berkata, “Ketika saya menggendong kamu, hal itu menjadi beban bagi saya (sambil tertawa). Tetapi ketika ayahmu sendiri menggendong kamu, rasanya bukan beban yang beliau rasa tetapi ungkapan cinta.”

Apakah sesuatu itu beban atau bukan ternyata juga ditentukan oleh cara memaknainya.

Dalam Injil hari ini, Tuhan tidak mempertentangkan antara memikul kuk (kayu lengkung yang dipasang di leher lembu ketika membajak) dan menjadi tenang. Dalam tradisi Kitab Suci, kuk adalah lambang segala hal yang membebani hidup seseorang misalnya hukum agama atau perbudakan.

Dengan demikian, mengikuti Tuhan pun tidak lepas dari kesulitan dan beban juga. Harus pergi ke Gereja setiap hari Minggu (dan Hari Raya), berpantang dan berpuasa di masa Prapaskah, membaca Kitab Suci dan berdoa setiap hari, mengamalkan kebaikan dan menjadi saksi pengampunan, cinta  dan seterusnya.

Jika itu semua hanya dipandang sebagai kewajiban yang harus dipenuhi, memang sungguh beban yang tidak tertahankan. Akan tetapi, jika diterima sebagaimana Tuhan Yesus juga memikulnya, apa yang semula tampaknya menjadi beban semata akan berubah menjadi jalan kehidupan.

Marilah kita mohon rahmat Roh Kudus, agar kita dibebaskan dari keengganan dan kemalasan untuk belajar dari Tuhan sebagai murid yang setia agar pelan-pelan tujuan kita diubah dari mencari ketenangan dan penghiburan dari Tuhan ke pencarian akan Tuhan sendiri.

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s