Au Sommet de Sumbing

La première fois que j’ai vu le lever du soleil au sommet d’une montagne, c’était quand j’avais 16 ans. A ce moment-là, j’étais encore un jeune séminariste. Je me suis inscrit au groupe « d’amoureux de la nature » avec lequel j’apprenais à aimer et conserver la nature. A la fin de ma première année comme séminariste, j’ai participé à une expédition pour escalader une montagne qui s’appelait Sumbing. C’était une montagne de 3371 m et d’une rare beauté. On m’a dit que de son sommet on pouvait regarder les sommets d’autres montagnes qui apparaissaient dans la mer des nuages.

Après six ou sept mois de préparation, nous nous sommes mis à escalader cette montagne. J’avais beaucoup de questions dans ma tête : est-ce que je pouvais suivre cette expédition jusqu’au bout ? Est-ce que la préparation était suffisante pour ça ? Pour me calmer, je me suis dit que ma préparation m’avait porté à ce moment. Le long de l’escalade, peu à peu, je devais affronter les difficultés qui mettaient ma force à l’épreuve. Je pouvais écouter une voix intérieure qui me disait d’arrêter et qui me criait que la fatigue de l’escalade ne me servait à rien. A un certain point, j’ai senti que mes pieds n’étaient pas d’accord avec ma tête. Ils voulaient rester. A ce moment-là, j’ai compris que je ne pouvais pas seulement suivre mon corps mais que je devais suivre aussi ma volonté. C’était l’épreuve de la force de ma volonté !

Cinq ou six heures plus tard nous sommes arrivés au sommet. Il était 4h00. Il faisait encore sombre. Je ne pouvais voir que le noir. J’entendais le cri de la nature dans le vent qui soufflait. Quelqu’un m’a dit qu’une demi-heure plus tard nous allions voir le lever du soleil. En silence, nous l’attendions.

Quelques minutes après, j’ai vu que le ciel peu à peu devenait rouge, comme s’il y avait un incendie. Avec cette première lumière de ce jour, je pouvais apercevoir les nuages qui étaient au-dessous de nous. Ensuite, j’ai entendu un de nous qui a crié : « Regardez ! C’est lui ! » Et voilà, à l’horizon, j’ai vu un petit morceau rouge qui peu à peu devenait un disque géant brulant. Je sentais mon cœur rempli de joie. Je n’ai jamais vu une scène aussi magnifique. Je me suis dit que pour la première fois je pouvais assister à la naissance d’un jour. Les larmes coulaient de mes yeux. D’ici, au sommet de Sumbing, la vie et le monde étaient si beaux. L’orchestre du silence nous accompagnait à méditer cette splendide scène naturelle qui est imprimée dans nos cœurs à jamais.

Paris, 26 Juillet 2011

Di Puncak Sumbing

Kali pertama saya melihat terbitnya mentari di puncak sebuah gunung adalah ketika saya berusia 16 tahun. Saat itu saya masih seorang seminaris muda. Saya bergabung dengan sebuah kelompok pencinta alam di mana saya belajar mencintai dan merawat alam. Di akhir tahun pertama, saya mengikuti pendakian sebuah gunung, yaitu gunung Sumbing. Gunung ini berketinggian 3371 meter dan memiliki keindahan yang unik.

Setelah enam atau tujuh bulan persiapan, kami pun memulai pendakian. Di kepala saya, muncul banyak pertanyaan: apakah saya mampu mengikuti pendakian ini sampai selesai? Apakah persiapan saya cukup untuk itu? Untuk menenangkan diri sendiri, saya berkata bahwa saya dapat sampai pada detik pendakian ini karena persiapan yang sudah saya buat. Sepanjang pendakian, sedikit demi sedikit, saya mesti menghadapi beragam kesulitan yang menguji kekuatan saya. Saya dapat mendengar satu suara di dalam diri saya yang menyarankan saya untuk berhenti dan yang berteriak bahwa pendakian ini sia-sia saja. Pada titik tertentu, saya merasakan bagaimana kaki saya tidak sinkron dengan kepala saya. Sementara saya hendak terus mendaki, kaki saya meminta berhenti. Pada saat itulah saya mulai memahami bahwa saya tidak boleh mengikuti kekuatan tubuh semata tetapi juga harus menguatkan kehendak saya. Inilah ujian kekuatan kehendak!

Lima atau enam jam kemudian, kami pun tiba di puncak. Ketika itu jam 4 pagi. Hari masih gelap. Saya lihat kelam semata. Saya mendengar jeritan alam dalam angin yang berhembus. Seorang teman berkata pada saya bahwa kira-kira setengah jam lagi kami akan mulai menyaksikan matahari terbiat. Dalam keheningan, kami pun menunggu.

Dan, lihatlah, beberapa menit kemudian, langit perlahan menjadi merah, seolah ada kebakaran besar di ufuk timur. Dengan sinar pertama di hari itu, saya mulai dapat melihat lautan awan di bawah kaki kami. Kemudian, saya mendengar salah satu dari kami berseru,”Lihat, itu dia!” Dari cakrawala, saya melihat potongan kecil berwarna merah muncul dari balik awan dan pelan-pelan membesar menjadi lingkaran raksasa yang merah menyala. Saya merasa hati ini  dipenuhi sukacita. Tiada pernah saya menyaksikan pemandangan seagung ini. Dalam hati, saya berucap lirih: untuk pertama kalinya, saya menjadi saksi kelahiran sebuah hari. Tanpa sadar, air mata pun mengalir dari kedua mata saya. Dari sini, di puncak Sumbing, kehidupan dan dunia begitu indah. Orkes keheningan menemani kami merenungkan kejadian indah alami yang terpatri di hati kami masing-masing.

 

6 pemikiran pada “Au Sommet de Sumbing

  1. aaaaahhh… Mooo Uuuutttt…..
    kalo kemarin saya mau nangis baca renungan Romo..
    hari ini bener2 nangis.. karena ngak ngerti… 😦
    hhiikss…hhikkss…

    Romo nulis apa sich…? terjemahin donk Mo.. biar kita2 juga ngerti..

    Hmmm…. attaauuuu….
    Apa Saya kursus bahasa Perancis dulu yach…? 8-I
    butuh berapa tahun tuch.. utk ngertinya.. 3-I 😛

    btw… Tks Mo.. renungannya…
    walopun saya ngak ngerti..
    jadi saya bisa merenungkan yang lain, sambil menatap tulisan Romo, dengan kening berkerut..
    Mudah2an renungan dan inspirasinya sama antara yang Romo tulis dengan yang saya pikir dan renungkan… 😛

    wkwkwkwkwk….

    Tuhan Yesus Memberkati
    Bunda Maria Melindungi

    Amien…

    note : tetep di like… walopun ngak ngerti.. 😀

      1. tks.. Mo Ut.. udah diterjemahin…

        ternyata melihat hari baru lahir mempunyai kenikmatan tersendiri yach Mo…
        Mungkin sama dengan ketika melihat hari berakhir Mo.. melihat sunset setiap hari… krn rumah saya dekat dengan laut…
        itu juga menjadi moment yg luar biasa.. aplg sunsetnya berbeda-beda setiap hari..
        kalau langit cerah tanpa awan, maka akan kelihatan matahari bulat merah, tapi tidak menyala, malah warnanya redup, sehingga kita bisa memandangnya tanpa rasa silau..
        kalau langitnya disertai awan.. memberikan sensasi yg lain, krn disertai dgn pendar2 cahaya yg muncul dr balik awan..
        Semuanya menunjukkan Allah Yang Mahakuasa yg menciptakan alam ini begitu luar biasa..

        Tks Mo Ut.. renungannya…

        Membuat saya rindu utk pulang kampung dan kembali menikmati
        keindahan alam sore hari di kota saya…

        note : ternyata renungan Romo beda dgn yg saya renungkan… 🙂

  2. Rm uut, kpn2 deh baca tulisan ini, cukup dilihat aja deh…. sy ga ngerti Rm tulis apa….. pusing ga ngerti…. yg pasti kynya sih bhs perancis…..

    ditunggu terjemahannya ya mo….
    trimaksh

      1. suka bgt

        mungkin Rm sdh k bromo, kalau blm coba saja mo melihat matahari terbit d bromo, indaaaahhhhh…. 🙂

Tinggalkan Balasan

