Mencari yang hilang

6 Desember 2011, Selasa, Advent Minggu kedua

Bacaan I Yes 40:1-11, Mzm 96:1-2,3,10ac,11-12,13,  Injil Mat 18:12-14

 

 

 

 

 

 

Dalam keadaan sakit-derita, seseorang dapat dengan mudah merasa sepi-sendiri. Sepi ini semakin menikam ketika ia berpikir bagaimana semua orang dapat tetap bekerja, tetap tertawa dan dunia tetap melangkah di atas dirinya yang sedang sengsara. Orang sakit terasing dari dunia orang sehat; orang sedih dari dunia orang gembira; orang menangis dari dunia penuh tawa. Dunia tidak peduli pada yang menderita.

 

Injil Matius hari ini, pada hari Selasa minggu Adven kedua ini, mengajarkan bagaimana Bapa menaruh perhatian pada yang lemah, yang hilang, yang sendirian. Dalam Injil Lukas, perumpaan domba yang hilang disampaikan oleh Tuhan Yesus di depan orang-orang Yahudi yang merasa diri sudah benar dan tidak perlu pertobatan, yaitu orang-orang Farisi dan Ahli Hukum. Sementara, di dalam Injil Matius, perumpaan ini disampaikan di depan para murid Yesus sendiri. Tujuannya adalah supaya mereka, khususnya yang dipercaya menjadi pemimpin jemaat, tidak tinggal diam ketika mengetahui ada saudara seiman yang sesat, yang sendirian, yang menderita. Domba yang hilang adalah gambaran saudara seiman yang masih lemah imannya; seperti anak-anak yang dapat dengan mudah dipermainkan oleh beragam ajaran dan bujukan. Para pemimpin jemaat diminta untuk ‘profesional’ menjalankan tugasnya dengan menaruh perasaan dan keprihatinan yang sama seperti Allah Bapa di surga yang tidak menghendaki seorang pun dari kawananNya hilang.

 

Gereja bukanlah sebuah lembaga yang pertama-tama mengedepankan masalah untung rugi duniawi. Meninggalkan 99 domba di pegunungan demi seekor domba bukanlah tindakan seorang gembala yang pintar. Akan tetapi, langkah ini yang harus diambil oleh para pemimpin jemaat : segala daya upaya harus dikerahkan agar tidak ada satu pun saudara seiman yang merasa sendirian, kesepian, jauh dari sesamanya.

 

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s