Hati Baru – Sukma Baru

Kamis dalam Pekan Biasa XX

Apa yang dilihat orang dari sebuah mobil? Selain body dan kenyamanan serta keindahan interiornya, yang terpenting dari sebuah mobil adalah mesinnya. Apalah artinya sebuah mobil berbody Ferari dengan interior design rancangan Versace, tetapi mesinnya tidak lebih hebat dari mesin Bajaj? Jangankan buat menjalankan AC atau audio, untuk benar-benar bisa melaju saja bakalan sering dibantu dengan tenaga betis kaki dan otot tangan….

Dalam bacaan pertama, kita mendengarkan salah satu teks yang paling penting dari seluruh Kitab Perjanjian Lama, yaitu janji Allah untuk memberikan hati yang baru kepada umat pilihanNya (Yeh. 36:26). Lebih dari sebuah mesin bagi mobil, hati adalah penggerak sekaligus jiwa bagi hidup manusia. Dalam hati lahir beragam keinginan yang mendorong manusia untuk berpikir dan bertindak. Kebaruan hati yang dijanjikan Allah berkenaan dengan Allah sendiri: Allah akan hadir dalam hati manusia dan dari sana menjadi penggerak roda sejarah. Sebagaimana disampaikan Allah melalui nabi Yehezkiel: Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya (Yeh. 36:27). 

Persekutuan abadi antara Allah dan manusia inilah yang digambarkan dalam Perjamuan Nikah seorang raja, dalam Injil hari ini.”Perjamuan telah siap“, artinya pintu surga yang sebelumnya tertutup sekarang terbuka. Allah menjadi manusia dalam diri Yesus. Salib dan kebangkitanNya laksana jembatan yang menghubungkan langit dan bumi. Hubungan ini dimeteraikan dengan darahNya yang ditumpahkan demi pengampunan dosa.

Perjamuan yang digambarkan dalam Injil hari ini adalah perjamuan Ekaristi. Dalam perjamuan itu, Tuhan memberikan diri sebagai roti dan anggur yang menjadi santapan dan minuman agar Ia dapat tinggal dalam hati kita. Ia menjadi makanan dan minuman untuk hidp kekal. Ekaristi dan SabdaNya dalam Kitab Suci adalah makanan rohani yang memberi daya baru bagi sukma kita.

Seruan Yesus di atas kayu salib terus menggema dalam hatiku,”Aku haus.” Aku ingin menghapus dahaga kekasih jiwaku dan aku sendiri merasa dibakar oleh rasa haus akan jiwa-jiwa…

St Teresa dari Kanak-kanak Yesus

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Lisieux, Kamis 23 Agustus 2012

Iklan

Satu pemikiran pada “Hati Baru – Sukma Baru

  1. aduh byk bgt ya mo tulisanx…. yg kmrn aj blm selesai dibaca karena rapet bgt eh udh muncul lg tulisan baru… sekali keluar Rm tulisanx byk bgt deh… (komplein ceritax hehehehehe….)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s