Menyangkal Diri

cross_subwayart
14 Feburari 2013
Kamis sesudah Rabu Abu,

Masyarakat kontemporer suka mendidik tunas-tunas belianya untuk hidup dalam persaingan. Kepada anak-anak, dunia luar digambarkan sebagai belantara penuh bahaya yang hanya dapat dihadapi dengan mengalahkan yang lainnya. Akibatnya, egoisme dan perilaku menghalalkan segala cara demi mencapai sasaran berkembang subur. Teringat sepotong syair dari penyanyi kawakan, Iwan Fals: munafik sedikit jangan terlalu jujur/ sebab orang jujur hanya ada di komik/ pilihlah jalan yang mulus tak banyak batu/sebab batu-batu bikin jalanmu terhempas/…jadilah Durna jangan jadi Bima/ sebab seorang Durna punya lidah sejuta/ jadilah karet jangan besi/ sebab yang namanya karet paham situasi…

Ajaran Tuhan dalam Injil hari ini menentang perilaku egoisme dan penumpukan kepentingan diri semacam itu: setiap orang yang mau mengikut Aku harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikuti Aku. Di dalam sabda Tuhan hari ini terkandung sebuah kebenaran universal tidak saja bagi para murid Tuhan tetapi bagi setiap manusia: egoisme tidak menghasilkan kebaikan dan kebahagiaan. Orang hidup bukan untuk mencapai kebahagiaan tetapi untuk menjadi sempurna, menjadi manusia seutuhnya. Dan jalan menuju kesempurnaan itu adalah Tuhan sendiri, yang menjadi manusia seperti kita, yang diam di dalam ruang batin kita yang terdalam.

Mengikuti Tuhan berarti: menjadi seperasaan dan sepikiran dengan Tuhan melalui latihan rohani setiap hari dalam hening, doa, dan ketekunan mendengarkan firmanNya. Dan jalan ini menjanjikan banyak penderitaan karena segala hal yang mulanya kita anggap penting dan berharga akan dipanggkas demi kesuburan firmanNya dalam hidup kita.

Selamat menjalani Retret Agung, Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s