Tanda dan Mukjijat

Kej. 4:1-15,25; Mzm. 50:1,8,16bc-17,20-21; Mrk. 8:11-13.

image

Orang Farisi menuntut tanda dari langit agar mereka percaya bahwa Yesus sungguh diutus Allah. Dan Yesus menolaknya.

Dalam Injil Markus, tuntutan akan tanda (semeion) mendapat makna negatif. Di balik tuntutan itu, tersembunyi niat orang-orang Farisi untuk mencobai (pereizo) Yesus. Kata mencobai ini muncul untuk pertamakalinya dalam perikop yang berkisah tentang Yesus yang berpuasa selama 40 hari di padang gurun dan digoda/dicobai Iblis (Mrk 1:3). Dengan demikian, tuntutan akan tanda dapat ditafsirkan sebagai sebuah godaan. Di samping itu, tuntutan akan tanda juga berkonotasi negatif karena para nabi dan mesias palsu pun dapat membuat tanda dan mukjijat (Mrk 13:22). Dari situ dapat dikatakan bahwa tanda dari langit dan mukjijat bukanlah jaminan bahwa seseorang yang bisa melakukannya sungguh-sungguh utusan Allah.

Lalu, menurut penginjil Markus, tanda apa yang dapat membuat orang percaya bahwa Yesus sungguh utusan Allah? Bahwa kata-kata dan ajaranNya benar-benar mencerminkan isi hati Allah sendiri?

Tanda itu dekat dengan kita, selalu menemani kita: tanda Salib. Dalam Injil Markus, manusia pertama yang mengenal Yesus sebagai ‘Putra Allah’ bukanlah dia yang menyaksikan perbuatan-perbuatan ajaib Yesus; bukan pula dia yang mendengarkan ajaran-ajaranNya yang penuh kuasa. Manusia pertama yang mengenal jati diri Yesus dan memanggilNya sebagai ‘Putra Allah’ adalah seorang pimpinan serdadu Roma yang berdiri di bawah Salib dan menyaksikan Tuhan wafat.

Sebuah pesan disampaikan: mukjijat terjadi bukan ketika Allah memenuhi keinginan kita tetapi ketika kita membiarkan Roh Yesus yang bangkit mengerjakan kehendakNya dalam hidup kita.

Ketika kita mengakui, betapa kita cenderung memaksakan kehendak kita padaNya, betapa kita lemah untuk membiarkan diri dipimpin olehNya, pada saat itulah kebenaran tentang siapakah kita dan siapakah Allah menyinari batin kita.

But it goes against the way I am
To put my human nature down
And let the Spirit take control
Of all I do

Paris, Senin 16 Februari 2015

2 pemikiran pada “Tanda dan Mukjijat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s