Puasa Para Murid Tuhan

Yes. 58:1-9a; Mzm. 51:3-4,5-6a,18-19; Mat. 9:14-15.

image

Hidup dan karya Yesus membuka sebuah babak baru dalam relasi manusia dengan Allah. Dalam babak baru ini, Allah memenuhi janjiNya untuk berada dekat dengan umatNya, seperti dinubuatkan nabi Yesaya dalam bacaan pertama: ketika engkau memanggil, Aku menjawab,” Ini Aku.” Dalam bacaan Injil, kedekatan Allah dengan umatNya dilukiskan sebagai sebuah Perjamuan Perkawinan.

Para murid Yesus adalah sebuah kenyataan baru yang lahir dalam babak baru relasi Allah dengan manusia itu. Mereka ditampilkan sebagai sahabat-sahabat mempelai pria; artinya para pelayan yang selalu berada dekat dengan mempelai pria selama Perjamuan Perkawinan. Dengan demikian, laku puasa dan laku keagamaan para murid tidak lagi ditentukan oleh apa yang dibuat orang lain, tetapi tergantung dari apa yang dikehendaki Yesus, sang Mempelai Pria.

Dari situ dapat ditafsirkan bahwa iman Kristen bukanlah iman yang lahir dari buku atau hukum. Agama Kristen bukanlah agama buku dan hukum, melainkan agama relasional: ia lahir dari sebuah relasi intim dengan Allah Putra, Yesus Kristus. Kitab Suci dan hukum serta tradisi dalam Gereja adalah kesaksian dari relasi ini. Kita membaca Kitab Suci dan tradisi dengan kaca mata cinta pada Tuhan dan sesama. Hanya dengan cara demikian, Kitab dan Tradisi sungguh menjadi Suci, artinya menjadi saluran pernyataan Diri Allah. Sebab, tanpa semangat kasih, alkitab sekedar huruf dan tradisi membeku jadi kebiasaan dan kewajiban.

Pagi selalu datang
bukan karena kebiasaan
Tapi karena laku taat
suatu ciptaan

Tuhan Yesus memberkati Bunda Maria melindungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s