Padang Gurun Tuhan

Kej. 9:8-15; Mzm. 25:4b-5ab,6-7bc,8-9; 1Ptr. 3:18-22; Mrk. 1:12-15.

image

Segera Roh memimpin Dia ke padang gurun.

Dalam bahasa Yunani, kata memimpin dalam kutipan Injil di atas, berbunyi ekkballo, yang kurang lebih berarti dilemparkan keluar, ditarik secara paksa, diusir. Dalam kebanyakan kasus, kata ini dipakai penginjil Markus ketika mengisahkan pengusiran setan. Yesus berkuasa melemparkan setan keluar dari tubuh orang yang kerasukan.

Namun demikian, sebelum ditampilkan sebagai utusan Allah yang berkuasa mengusir setan, Yesus lebih dahulu dihadirkan sebagai Dia yang diusir, ditarik keluar secara keras oleh Roh Kudus dari pemukiman manusia ke padang gurun. Di sana, Ia berhadapan dengan sang musuh, Setan, dan menang.

Pesan dari kisah ini jelas: Yesus harus menghadapi begitu banyak tantangan dan halangan dalam upayanya mewartakan Kabar Gembira, Kerajaan Allah, dan pertobatan. Nasib yang menimpa Yohanes Pembaptis, seorang nabi dan seorang benar di hadapan Allah dan manusia, membayangi masa depan Yesus sendiri. Kata ekkballo, diusir keluar, bergaung di bab akhir Injil Markus, dalam perumpamaan seorang putra tunggal pemilik kebun anggur yang diseret keluar dari kebun anggur dan dibunuh (Mrk 12:8).

Bacaan Injil di hari Minggu Pertama masa Prapaskah ini menguatkan kita. Kalau kita berhadapan dengan kesulitan dalam laku tobat di masa Prapaskah ini, kita diingatkan bahwa kita tak sendirian. Yesus sudah mendahului kita dan RohNya menemani kita untuk menghadapi kesulitan itu. Perjuangan kita untuk bertobat dan menghidupi Kabar Gembira tidaklah sia-sia. Kalau Tuhan, dalam bacaan pertama, memberikan pelangi kepada Nuh sebagai tanda perjanjian, Allah yang sama, saat ini, memberikan PutraNya sendiri sebagai tanda Perjanjian Baru. SalibNya menjadi tanda pengampunan dan kemenangan atas kejahatan dan maut.

Betapa berharga jiwaku
Hingga harus ditebus dengan darah
Semulia itu

Tuhan Yesus memberkati dan Bunda Maria melindungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s