Kasih Sebagai Kriteria

Im. 19:1-2,11-18; Mzm. 19:8,9,10,15; Mat. 25:31-46

image

.. semua bangsa akan dikumpulkan di hadapanNya, dan Ia akan memisahkan mereka seorang daripada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing.

Injil hari ini mewartakan pengadilan terakhir. Yang diadili, sebagaimana disebutkan dalam kutipan di atas, adalah semua bangsa. Dalam bahasa Yunani, istilah yang digunakan untuk menyebut segala bangsa adalah ethnos. Penginjil Matius menggunakan kata ini untuk menunjuk bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan. Kata yang sama, misalnya, dipakai ketika Yesus mewartakan sengsaraNya: …mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa  yang tidak mengenal Allah (ethnesin). Dengan demikian, Injil hari ini berkabar soal pengadilan orang-orang non- Kristen ( dan non-Yahudi).

Dari perikop ini dapat ditarik sebuah kesimpulan: orang-orang non-Kristen pun akan diselamatkan oleh Tuhan. Coba kita lihat sebutan yang diberikan Tuhan kepada mereka yang ada di sebelah kananNya (orang-orang non-Kristen yang selamat): mereka adalah yang diberkati oleh Bapa… Kerajaan sudah disediakan bagi mereka sejak dunia dijadikan… mereka adalah oran-orang benar (gelar yang disematkan Matius kepada St Yosep, Mt 1:19). Orang-orang non-Kristen pun akan diselamatkan di akhir jaman berkat perbuatan kasih yang nyata: … segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Amal kasih yang nyata inilah yang membedakan pohon yang menghasilkan buah dari yang tidak berbuah, orang benar dari orang munafik. Baik orang Kristen maupun non-Kristen, akan sama-sama diadili di depan Kasih.

Di mana raga-hati
Tidak dirantai cari senang sendiri
Di situ fajar kasih terbit kembali

Tuhan Yesus memberkati, Bunda Maria melindungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s